Misteri dan Peradaban Pulau Jawa Kuno

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang luas dan penduduknya banyak. Pulau ini dikenal pula dengan nama Jawa Dwipa. Saat ini, pulau Jawa merupakan pulau dengan penghuni paling banyak dibandingkan pulau lain di Indonesia. Konon, dahulu kala pulau Jawa masih menyatu dengan pulau Madura dan pulau Bali serta pulau kecil di sekitarnya.

Banyak sekali cerita dan misteri tentang pulau Jawa yang pernah berasal dari berbagai sumber dan cerita masyarakat. Mungkin kebanyakan sejarah yang tertulis adalah ketika masa kerajaan di tanah Jawa serta di masa penjajahan Belanda dan Jepang pada beberapa tahun silam. Tapi sebenarnya, sejarah tanah Jawa lebih panjang dan sangat menarik perhatian para pengamat sejarah.

Dahulu kala, pulau Jawa dikatakan punya peradaban kuno yang sudah maju ketimbang peradaban di wilayah bumi lainnya. Sejarah peradaban Lemurian atau Atlantis misalnya, sering dihubung-hubungkan dengan pulau Jawa. Unesco bahkan menyatakan bahwa Indonesia menjadi lingkaran peradaban dunia.

Cak Nun pernah menceritakan bahwa pulau Jawa menyimpan berbagai misteri yang luar biasa. Bahkan, sempat menghubung-hubungkan pulau Jawa dengan surga, karena tanah Jawa dianggap serpihan dari Surga. Entah sekedar dongeng atau memang kenyataan, siapa yang tahu.

Banyak orang yang penasaran dengan pulau Jawa sebelum dihuni oleh manusia, karena banyak cerita yang menyatakan bahwa pulau Jawa adalah tempat yang begitu mistis dan dihuni oleh makhluk lelembut. Konon ada banyak kerajaan gaib yang ada di sekitar pulau Jawa dan sangat kuat.

Menurut kisah terdahulu, sebelum dihuni oleh manusia seperti saat ini, pulau Jawa pernah ditinggali oleh para dewa yang menguasai wilayah sekitarnya. Ada pula yang mengatakan bahwa pulau Jawa dulunya pernah dihuni oleh sekumpulan lelembut anak buah Batara Kala yang kuat dan sulit ditaklukkan.

Konon ekspedisi pertama yang ingin menginjakkan kaki ke pulau Jawa selalu gagal dan berakhir tragis. Mereka yang coba memasuki pulau Jawa harus berhadapan dengan kekuatan gaib yang kuat serta penyakit mematikan yang membuat ekspedisi memasuki pulau Jawa selalu gagal. Kejadian seperti ini terjadi berkali-kali sehingga pulau Jawa dianggap begitu sulit ditembus oleh manusia.

Kemudian ada seorang yang kuat dan berilmu tinggi, memasuki pulau Jawa dengan meminta izin kepada penguasa gaib dan menjaga hatinya agar bersih. Akhirnya ekspedisi ke sekian kalinya, ada manusia yang selamat saat memasuki pulau Jawa dan peradaban manusia di tanah Jawa pun dimulai pada sekitar 10 ribu tahun sebelum masehi.

Seperti itulah sejarah pulau Jawa kuno yang banyak diketahui oleh orang-orang, namun tentunya masih banyak peradaban dan sejarah lain yang belum terungkap. Buktinya, banyak sekali penemuan bangunan tua dan prasasti yang belum bisa diteliti dengan baik di sekitar wilayah pulau Jawa.

Updated at: 7:53 PM

0 comments:

Post a Comment