Kisah Keteladanan Nabi Isa 'Alaihissalam

Nabi Isa AS adalah seorang nabi dan rasul yang tergolong dalam ulul azmi (rasul yang punya kedudukan tinggi) bersama dengan nabi Muhammad SAW, Ibrahim AS, Musa AS, dan Nuh AS. Nabi Isa AS diperintahkan Allah SWT untuk berdakwah kepada kaum Yahudi di sekitara Palestina. Kisah Nabi Isa AS merupakan salah satu kisah yang penuh dengan keajaiban dan mukjizat yang tentu sulit diterima oleh akal sehat manusia, sehingga tidak heran banyak orang yang tertipu dan salah mengerti dengan kisah nabi Isa AS.

Masa dimana Maryam mengandung nabi Isa AS
Pada jaman dulu, Maryam merupakan seorang gadis perawan yang menghabiskan hari-harinya di sebuah mihrab khusus untuk dirinya. Beliau memang mendedikasikan hidupnya untuk menjaga tempat ibadahnya sesuai dengan permintaan orang tuanya. Namun pada suatu ketika, datanglah malaikat Jibril memberikan kabar kepada Maryam bahwa dia akan melahirkan seorang anak tanpa ayah.

Pada saat itu, malaikat Jibril mendatangi Maryam pada malam hari dan melemparkan udara ke jasad Maryam dan beliau kemudian mengandung seorang anak tanpa mengalami pernikahan sebelumnya. Maryam mengandung nabi Isa dalam keadaan perawan, dan beliau mengandung bayinya tanpa merasakan beban berat serta perutnya tidak membuncit seperti wanita hamil pada umumnya.

Masa kelahiran nabi Isa AS
Maryam melahirkan nabi Isa AS di bawah pohon kurma sesuai dengan perintah Allah SWT, pada saat melahirkan bayinya, Maryam merasakan kebahagiaan, ketakutan, dan berbagai perasaan lain yang berkecamuk dalam dirinya. Namun bayi nabi Isa AS yang masih kecil sudah menampakan mukjizatnya, beliau bisa berbicara kepada ibunya dan menenangkannya serta menyuruh ibunya berpuasa tidak bicara kepada kaum Yahudi yang akan ditemuinya.

Saat Maryam berjalan membawa bayinya dan melewati pasar, banyak orang Yahudi yang melihat dan kemudian bertanya perihal anak yang dibawanya itu. Kemudian mereka menuduh yang tidak-tidak kepada Maryam karena sebelumnya mereka mengetahui bahwa Maryam adalah seorang gadis perawan yang belum menikah, namun saat ini mereka mendapati Maryam membawa seorang bayi.

Maryam tidak menjawab pertanyaan mereka karena sedang berpuasa tidak bicara, dan secara ajaib, bayi itu kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kaum Yahudi yang menuduh Maryam. Nabi Isa AS yang masih bayi menjawab pertanyaan kaum yahudi dengan memperkenalkan dirinya bahwa dia adalah utusan Allah SWT yang diberikan al-kitab (Injil), beliau juga akan menjadi pemimpin umat dan penyelamat kaumnya.

Berita itu tersebar luas dan sampai ke kerajaan Romawi yang saat itu menguasai Palestina, kemudian sang raja ketakutan jika bayi itu akan menjadi kehancuran kerajaannya dan memerintahkan tentaranya untuk membunuh ibu dan bayi itu. Namun sebelumnya malaikat Jibril sudah menyuruh Maryam membawa bayinya menuju ke Mesir agar bisa aman dari buruan raja.

Masa dakwah nabi Isa AS
Setelah dewasa, nabi Isa AS bersama ibunya kembali ke Palestina dan nabi Isa AS kemudian diperintahkan oleh Allah SWT untuk berdakwah kepada kaum Yahudi, karena pada saat itu kaum Yahudi membunuh nabi Yahya AS dan nabi Zakaria AS. Nabi Isa AS menerima perintah Allah SWT untuk berdakwah dan menuntun kaumnya ke jalan yang benar.

Namun penentangan dari kaum yahudi sangat keras, mereka selalu menentang setiap ajaran yang diberikan oleh nabi Isa AS. Hal ini cukup menyulitkan nabi Isa AS dalam memberikan dakwah kepada kaumnya, karena penentangan yang terus menerus mereka lakukan.

Penangkapan dan penyaliban nabi Isa AS
Kaum Yahudi bersekongkol dengan kerajaan Romawi untuk menyingkirkan nabi Isa AS karena dakwahnya dianggap berbahaya bagi kelangsungan mereka, akhirnya mereka menangkap nabi Isa AS dan menyiksanya sebelum akhirnya disalib.

Sebenarnya Allah SWT telah menyelamatkan nabi Isa AS terlebih dahulu ketika nabi Isa AS kemudian diangkat ke langit oleh Allah SWT dan digantikan dengan salah seorang lain yang memiliki perawakan mirip dengan nabi Isa AS. Jadi, dalam ajaran agama Islam kita meyakini bahwa nabi Isa AS masih hidup di langit dan yang disalib bukanlah nabi Isa AS.

Beberapa mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada nabi Isa as diantaranya adalah :
  1. Nabi Isa AS lahir tanpa seorang ayah, dikandung oleh Maryam yang masih perawan, ini adalah mukjizat awal nabi Isa AS bersama ibunya
  2. Nabi Isa AS bisa berbicara sesaat setelah beliau lahir ke dunia, beliau juga menjawab pertanyaan orang Yahudi yang menuduh Maryam telah berzina
  3. Nabi Isa AS diberikan bantuan ruhul kudus (malaikat Jibril) untuk membantunya dalam berdakwah 
  4. Nabi Isa AS diberikan wahyu berupa kitab Injil yang merupakan kitab suci dari Allah SWT
  5. Nabi Isa AS dapat menghidupkan orang yang telah mati dengan izin Allah SWT
  6. Nabi Isa AS dapat membuat burung dari tanah liat dan menghidupkannya dengan izin Allah SWT
  7. Nabi Isa dapat menyembuhkan penyakit seperti buta dan lepra atas izin Allah SWT
  8. Nabi Isa AS berdoa dan Allah SWT menurunkan hidangan dari langit
Nabi Isa AS akan turun ke bumi membunuh Dajjal
Kelak nabi Isa AS akan turun ke bumi, beliau akan turun di sebuah menara di Damaskus, dan membantu umat muslim untuk melawan Dajjal dan membunuhnya. Nabi Isa AS juga akan memimpin umat Islam dan memberikan kesejahteraan setelah sebelumnya melawan yajuj majuj yang sangat liar.

Kedatangan nabi Isa AS ke bumi merupakan salah satu tanda akan datangnya hari kiamat yang semakin dekat, kedatangan beliau sebagai penyelamat umat muslim dan mengembalikan kebenaran yang hakiki serta merupakan tanda bahwa akhir telah dekat dan kiamat tinggal menunggu waktu saja.
 
Banyak sekali keteladanan nabi Isa AS yang bisa kita pelajari, nabi Isa AS mengajarkan Islam dengan rasa cinta tanpa menentang ajaran nabi Musa AS sebelumnya. Nabi Isa AS hanya menyempurnakan dan menghapus ajaran-ajaran yang sudah dirubah oleh orang-orang yahudi sebelumnya.

Updated at: 8:48 PM

1 comments: