Kisah Keteladanan Nabi Zulkifli 'Alaihissalam

Nabi Zulkifli as yang bernama asli Basyar adalah salah satu nabi dari 25 nabi yang wajib kita yakini, beliau adalah putra dari nabi Ayub as yang menurut salah satu sumber mengatakan bahwa beliau yang berhasil lolos dari reruntuhan rumah yang dirobohkan iblis. Nabi Zulkifli as adalah salah satu nabi yang sangat sabar, beliau disebutkan namanya 2 kali dalam Al-Qur'an, Allah SWT memuji hambanya itu.

Nabi Zulkifli as menjadi raja
Pada suatu ketika ada seorang raja yang sudah tua (menurut salah satu sumber beliau adalah nabi Ilyasa as, raja Rum). Raja tersebut tidak memiliki keturunan, sehingga beliau membuat sayembara untuk rakyatnya guna mencari pengganti dirinya sebagai raja.

Syarat yang diberikan oleh raja adalah seorang yang senantiasa berpuasa pada siang hari dan beribadah pada malam hari, dan nabi Zulkifli as yang kala itu masih muda mengangkat tangannya dan menyanggupi syarat yang diberikan oleh raja.

Walau awalnya sang raja ragu dengan umur pemuda itu, namun akhirnya beliau percaya dan menyerahkan kerajaannya kepada nabi Zulkifli as. Sebelum meninggal, raja sempat berpesan agar nabi Zulkifli as terus memerintah kerajaannya dengan baik dan jangan meninggalkan syaratnya itu.

Setan mengganggu nabi Zulkifli as
Nabi Zulkifli as adalah seorang yang sangat sabar, beliau puasa di siang hari dan beribadah kepada Allah SWT di malam hari, tentu ini adalah suatu hal yang sangat berat bagi manusia biasa karena kurangnya waktu istirahat untuknya.

Iblis mengetahui kesabaran nabi Zulkifli as, dan setan berusaha menggodanya. Kala itu setan menyamar sebagai seorang kakek tua yang memaksa masuk dan ingin menemui raja, dia meminta bantuan kepada raja namun raja memintanya datan di pagi hari saja karena saat itu sudah larut malam.

Esoknya setan datang terlambat, dan raja menyuruhnya datang di malam hari karena kala itu ada keperluan, dan lagi-lagi setan datang terlambat dan mengingkari janjinya. Kemudian di malam hari setan datang lagi dan nabi Zulkifli as mengetahui penyamaran setan itu.

Setan itu malu dengan kesabaran nabi Zulkifli as, dia mengakui kesabaran sang nabi karena dianggap tidak marah saat diganggu.

Memang tidak banyak kisah yang menceritakan tentang nabi Zulkifli as, namun kita bisa meneladani kesabaran beliau dalam menghadapi masalah di dunia ini. Beliau pula adalah seorang raja yang sangat adil, bahkan ketika ada pemberontakan dan rakyatnya tidak mau berperang, beliau menghadapinya dengan memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Updated at: 12:34 AM

1 comments: