Kisah Keteladanan Nabi Adam 'Alaihis Salam

Nabi Adam 'alaihis salam adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT, beliau juga merupakan nabi pertama dari 25 nabi yang ada dalam keyakinan umat islam. Kisah tentang nabi Adam AS merupakan kisah yang cukup inspiratif dan mengandung banyak rahasia karena dari kisah ini kita akan mengetahui kekuasan Allah dan berbagai hal gaib yang sulit diterima dengan akal manusia.

Dahulu kala Allah SWT hendak menciptakan seorang manusia yang akan dijadikan pemimpin di muka bumi, malaikat yang mengetahui hal ini bertanya kepada Allah SWT kenapa menciptakan manusia yang akan membuat kerusakan, padahal ada mereka (malaikat) yang senantiasa beribadah dan patuh kepada Allah SWT, namun Allah maha mengetahui apa yang makhluk tidak ketahui.

Nabi Adam diciptakan Allah SWT pada hari Jum'at, dan mengajarkan berbagai hal kepadanya. Kemudian Allah menanyakan berbaga hal kepada malaikat, saat mereka tidak bisa menjawab, kemudian Allah SWT menyuruh Adam untuk menjelaskannya, dan beliau bisa. Malaikat bersujud kepada nabi Adam sebaga penghormatan, namun tidak dengan Iblis. Iblis menolak untuk bersujud kepada nabi Adam karena menganggap mereka lebih tinggi derajatnya dari manusia, Iblis diciptakan dari api dan manusia dari tanah. Itulah yang membuat Allah SWT mengusir iblis dari surga dan melaknati mereka kelak menjadi penghuni neraka yang kekal di dalamnya.

Nabi Adam tinggal di dalam surga dengan berbagai kemudahannya, beberapa waktu kemudian Allah SWT menciptakan Hawa dari tulang rusuk nabi Adam, ia adalah pendampingnya sekaligus menjadi manusia kedua yang diciptakan Allah SWT. Mereka hidup bahagia di dalam surga dengan berbagai kenikmatan yang Allah SWT sediakan di dalamnya.

Iblis yang tidak terima dengan diusirnya mereka dari surga akhirnya memikirkan cara untuk menjebak nabi Adam karena dendam, dan hal itu terwujud saat mereka bisa membohongi nabi Adam memakan buah khuldi yang sebenarnya dilarang oleh Allah SWT.

Nabi Adam merasa bersalah kepada Allah SWT karena melanggar perintah-Nya, beliau bertaubat kepada Allah dan taubatnya diterima, namun kemudian nabi Adam dan Hawa diturunkan ke bumi sebagai hukuman karena melanggar perintah dan laranga Allah SWT. Dan hingga saat ini terlahirlah kita di dunia dengan diawali oleh Nabi Adam AS dan Hawa yang merupakan nenek moyang manusia.

Kisah nabi Adam 'alaihis salam mengajarkan kita bahwa manusia memang tidak bisa terlepas dari kesalahan, namun kisah nabi Adam juga mengajarkan kita bahwasanya sebaik-baik manusia adalah mereka yang menyadari kesalahannya dan berusaha bertaubat kepada Allah SWT.

Updated at: 2:01 AM

5 comments: