Saat Malaikat Maut Kasihan Kepada Manusia yang Dicabut Nyawanya

Malaikat maut dikenal sebagai salah satu malaikat yang paling menakutkan baik rupa maupun tugasnya dibandingkan dengan malaikat lainnya. Bahkan ada riwayat yang mengatakan bahwa beberapa malaikat yang menyaksikan Al-Maut pertama kali langsung pingsan hingga 1000 tahun lamanya karena melihat rupa yang sangat menakutkan itu.
Semua makhluk yang bernyawa akan berurusan dengan sosok algojo yang satu ini, yah salah satu syarat kita memasuki kehidupan akhirat adalah dengan mengalami kematian terlebih dahulu dimana roh kita akan dicabut dari tubuh dan dibawa ke tempat selanjutnya.

Nah ternyata ada sebuah riwayat yang menceritakan tentang malaikat maut ini, riwayat yang akan menunjukkan bahwa Allah SWT maha mengetahui tentang segala sesuatu di dunia dan akhirat.

Suatu ketika malaikat maut ditugaskan oleh Allah SWT untuk mencabut nyawa pemuda kafir di dunia. Seusai melaksanakan tugasnya, malaikat maut membawa roh pemuda kafir itu ke langit dimana ada sekumpulan malaikat yang melihat malaikat maut itu.

Ketika melewati sekumpulan malaikat langit tersebut, mereka bertanya kepada malaikat maut perihal tugasnya itu : "hai malaikat maut, engkau ditugaskan oleh Allah SWT untuk mencabut nyawa makhluk, pernahkah suatu kali engkau merasa kasihan dengan targetmu itu?"

Malaikat maut menjawab : "sebenarnya aku pernah kasihan dengan manusia yang ku cabut nyawanya, kala itu ada seorang ibu yang baru melahirkan bayinya di tengah hutan dan aku diperintah untuk mencabut nyawa sang ibu, aku iba dengan nasib bayinya"

Sekumpulan malaikat berkata : "tahukah siapa roh pemuda kafir yang kau bawa itu? Dia adalah bayi ibu yang kau ceritakan tadi"

Mendengar hal itu, malaikat maut ketakutan dan langsung bersujud kepada Allah SWT, dia langsung memohon ampunan kepada Allah SWT atas ketidak tahuannya itu.

Allah SWT maha mengetahui, bahkan takdir seorang manusia sejak belum dilahirkan sekalipun. Seperti riwayat di atas dimana malaikat maut iba kepada seorang bayi yang ditinggal mati ibunya di tengah hutan, padahal bayi itu adalah pemuda kafir yang penuh dosa dan dilaknati karena amal buruknya di dunia.

Updated at: 1:19 AM

0 comments:

Post a Comment