Kisah Keteladanan Nabi Yunus 'Alaihissalam

Nabi Yunus AS merupakan salah seorang nabi yang wajib kita yakini, beliau merupakan nabi yang mulia, nama lain nabi Yunus AS adalah Dzun Nun atau Yunan. Kisah nabi Yunus AS merupakan salah satu kisah keteladanan yang banyak diceritakan oleh para guru, hal ini karena keajaiban yang beliau terima dan peringatan Allah SWT atas kesalahan yang dilakukan oleh nabi Yunus AS.

Nabi Yunus AS diperintahkan Allah SWT untuk berdakwah kepada kaumnya, Assyria, Nirnawa-Iraq. Setelah bertahun-tahun berdakwah, tidak ada yang mau beriman kepadanya dan mereka malah menentang dakwahnya, hal ini membuat nabi Yunus AS cukup kesulitan dalam menyebarkan ajaran agama yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Lama nabi Yunus AS berjuang untuk membuat kaumnya beriman dan hanya menyembah Allah SWT, namun sayangnya kaumnya tetap saja tidak mau beriman. Padahal nabi Yunus AS sudah menunjukkan bagaimana gambaran hari kiamat dan siksaan neraka, serta bagaimana kenikmatan surga untuk orang-orang yang beriman, namun nampaknya hal itu tidak dipedulikan oleh kaumnya.

Nabi Yunus AS sempat mengalami sebuah keputusasaan atas usahanya dalam membuat kaumnya beriman, hal ini membuat nabi Yunus AS memutuskan untuk meninggalkan negerinya dalam keadaan marah terhadap kaumnya yang tak mau beriman. Tentu saja hal ini dilakukan nabi Yunus AS dalam keadaan marah dan tidak menyadari perbuatannya yang salah. Kala nabi Yunus AS hendak pergi, beliau melihat seekor ikan kecil yang terkena ombak besar dan tubuhnya menghantam batu karang, dalam hati nabi Yunus AS mengingat kaumnya yang susah diatur dan membuatnya semakin marah.

Beliau pergi dengan menumpang perahu yang bermuatan banyak, dengan membayar 3 kali lipat dari ongkos yang seharusnya, nabi Yunus AS tetap melanjutkan perjalanannya itu. Namun di tengah laut datang badai dan ombak yang memporak-porandakan kapal dan hampir menghancurkan kapal itu. Para penumpang kapal kemudian melakukan pengundian yang dimaksudkan untuk menyelamatkan kapal (ini adalah sebuah ritual yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak beriman). Nabi Yunus AS sebenarnya tidak setuju dengan undian ini, namun saat ini beliau sedang menumpang di kapal itu dan terpaksa beliau harus mengikuti undian bar-bar ini.

Dalam undian itu, nama nabi Yunus AS yang keluar dan beliau akhirnya dibuang oleh para awak kapal ke lautan. Kemudian seekor ikan paus bernama Nun menelan nabi Yunus AS atas perintah Allah SWT. Nabi Yunus AS berada di dalam perut ikan paus selama beberapa waktu lamanya dengan keadaan yang gelap dan tanpa makanan. Di dalam perut ikan itu, beliau hanya berdzikir dan minta maaf kepada Allah SWT, beliau berpuasa dan berbuka dengan dzikir, beliau menyadari kesalahannya karena lari dari tugas yang diperintahkan Allah SWT, beliau terus berdzikir dan mengingat Allah SWT sembari meminta maaf atas kesalahannya. Dzikir nabi Nuh AS didengar oleh penghuni laut, mereka juga ikut berdzikir kepada Allah SWT dengan caranya sendiri, termasuk ikan paus yang menelan nabi Yunus AS.

Kemudian Allah SWT memaafkan kesalahan nabi Yunus AS, ikan paus itu diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengeluarkan nabi Yunus AS di sebuah pulau gersang yang panas. Dalam keadaan sakit beliau kemudian diberikan pertolongan oleh Allah SWT dengan ditumbuhkan pohon yang punya daun lebar untuk meneduhkan dari sinar matahari yang panas.

Di pulau asing itu, nabi Yunus AS mendapatkan ratusan orang yang akhirnya beriman kepadanya, dan beliau kembali melanjutkan dakwahnya kepada kaum tersebut. Bagaimana kabar kaum yang ditinggalkan nabi Yunus AS? Setelah kepergian nabi Yunus AS, kaum itu mendapati langit gelap dan berbagai kejadian alam yang menakutkan sehingga mereka mengingat ajaran Yunus AS, akhirnya mereka beriman terhadap ajaran nabi Yunus AS dan mencoba mencari nabi Yunus AS yang telah pergi.

Dalam kisah nabi Yunus AS, ada kisah keteladanan yang mengajarkan kepada kita agar tidak berputus asa dan tergesa-gesa, kisah ini juga mengajarkan kepada kita agar terus bersabar dan berusaha dalam menjalankan segala urusan.

note : makasih banyak atas komentar yang udah ngasih tau kesalahan tulisan nabi Yunus As jadi Yusuf As, sudah saya perbaiki tulisannya.

Updated at: 8:40 PM

1 comments: