Tidak Ada yang Ingat Hari Ulang Tahunku Sama Sekali

Ulang tahun adalah sebuah moment yang cukup penting bagi sebagian orang, bahkan ada orang kaya di luar sana yang bisa menghabiskan uang hingga ratusan juta hanya untuk merayakan hari lahirnya. Begitu pula dengan aku yang merupakan kalangan menengah ke bawah ini, kadang aku juga ikut merayakan ulang tahun teman-teman dan saudaraku.

Aku tentu masih ingat kala memberi kejutan ulang tahun untuk temanku, aku harus mencari hadiah yang spesial, menyiapkan pesta kejutan bersama teman-temanku, dan merayakan kebahagiaan temanku. Kadang tanpa sadar aku seperti seorang kru yang wajib menyiapkan kebahagiaan orang lain, lalu bagaimana dengan kebahagiaanku sendiri kala ulang tahunku tiba?

Beberapa tahun yang lalu, aku masih menunjukkan tanggal lahirku di akun FB, namun kala aku ber-ulang tahun, mereka hanya mengucapkan selamat ulang tahun saja, tanpa ada perayaan, tanpa ada pesta kejutan, bahkan ketika aku bertemu dengan temanku, mereka seakan tak menganggap hari ulang tahunku spesial dan mengacuhkannya.

Semenjak pengalaman itu, ku pikir menunjukkan hari lahirku di akun FB tak berguna sama sekali, persetan dengan ucapan di sosial media, aku butuh ucapan langsung dari orang-orang spesial. Apakah kalian tidak pernah menghargai aku sama sekali kawan? Lalu dimana solidaritas kalian, memangnya apa peranku di mata kalian? Figurankah?

Tepat jam 00.00 aku menunggu keajaiban, aku masih menunggu siapa tahu ada yang mengucapkan selamat ulang tahun, namun nyatanya zonk! Setelah aku menyembunyikan tanggal lahirku, malah aku seakan diacuhkan sehabis-habisnya. OK, mungkin besok pagi masih ada yang ingat, mungkin orang tua atau saudaraku, namun sampai siang hari tetap tak ada yang mengingatnya sama sekali, yeah!

Sampai malam tiba aku masih berharap kalau ada kejutan untukku, namun nyatanya nihil, bahkan tak satupun orang yang mengingat hari ulang tahunku. Aku duduk di dalam kamar, ku matikan lampu kamar dan ku meratapi nasib saat ini, ya Tuhan sebegitu tidak pentingnya aku di mata orang lain, bahkan keluargaku sendiri. Aku sedih, ingin menangis, tapi aku takut ingusku ikut keluar, aku memendam perasaan sedih ini di dalam hati, dan berharap tahun besok akan lebih baik dengan orang spesial yang menghargaiku.

Updated at: 10:50 PM

47 comments:

  1. Sm bngt dgn apa yg aku alami hari kemaren, hut aku.. :'(

    ReplyDelete
  2. Dan sekarang ini yg kurasakan

    ReplyDelete
  3. Ini yang sedang aku rasakan. Tidak ada yang memberikan aku ucapan ultah. Aku menangis aku juga bingung harus bagaimana. Apakah aku harus melakukan perubahan dengan lebih tidak perduli terhadap hari ulang tahunku atau aku harus berubah menjadi orang yang penting yang selalu ulang tahunnya diingat. Kurasa point pertama cukup untukku karna sblmnya aku sudah berusaha menjadi orang penting namun tetap saja diacuhkan.

    ReplyDelete
  4. sesedih ini rasanya, seperti hari - hari biasa, tidak ada spesial bahkan tidak ada beda sedikitpun.

    ReplyDelete
  5. Aku sendiri bahkan tidak ingat hari ini ternyata adalah hari ulang tahunku

    ReplyDelete
  6. ..besok aku ultah ..5 nov 2018 ..aku rasa tdk ada yg special ..sprtu biasa aku yg mmbli kue ultah sndiri.
    Aku bangun tngah mlam sndiri .aku mniup lilin sndiri .dn aku yg mkan kue itu sndiri ..

    ReplyDelete
  7. Hari ini aku ulang tahun tapi belum ada yang ngucapin, padahal kalo temenku ulang tahun jam 00.00 aku udah kasih ucapan paginya dikasih kejutan. Lha aku? Boro boro dikasih kejutan ada yang ngasih ucapan aja udah bahagia. Aku ingat ulang tahun mereka, aku juga kasih kado dan kejutan saat mereka ulang tahun. Tapi saat aku ulang tahun mereka tidak ingat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama yg aku alami.. Sampai detik ini sahabat, kerabat tidak ada yg ngucapin

      Delete
    2. Hari ini saya juga mengalami hal yg samaa

      Delete
  8. Ini yg gua alami gan, satu pun orang gak ada yg ingat, yg pertama kali mengucapkan itu google sama kaskus..tp dr pengalaman tsb tidak membuat ane jd ngerasa gak berguna, justru sebaliknya.. Perjalanan karir maupun sosial gua membuktikan bahwa kehadiran gua sangat berguna bagi mereka.. Ambil sisi positif nya aja gan, yg penting google setia ama gua wkwkwk persetan dengan dengan orang lain..

    ReplyDelete
  9. Kamu tidak sendiri:) hari ini aku ulangtahun,bahkan teman satu kelasku tidak ada satupun yang perduli,hanya satu orang

    ReplyDelete
  10. Setiap mereka ulang tahun aku selalu sibuk menyiapkan ini itu.. Mengkordinir temen temen segrup untukk membeli kado.. :') tapi disaat hari ulang tahunku mereka seolah tuli.. Rasanya aku inngin tak peduli.. Tapi sungguh kecewa ini begitu sakit:')

    ReplyDelete
  11. Hari ini aku berulang tahun, seperti biasa tidak ada yang mengingatku bahkan keluargaku sekalipun. Terkadang aku heran sebegitu tidak pentingnya kah aku dalam hidup mereka? Aku selalu mengingat ulang tahun teman-temanku. Selalu berusaha memberikan hadiah semampuku. Bahkan aku sangat bersemangat jika temanku berencana memberikan kejutan kepada temanku yang lain. Tapi, saat hari special ku tiba, mereka lupa. Dan hanya satu orang yg mengingatnya, yaitu teman dekatku sedari SMA. Walaupun banyak yang membencinya, tapi hanya dia yg selalu ada dan selalu bersedia mendengar keluh kesahku.
    Ingin sekali rasanya aku bisa melupakan hari ulang tahunku, tapi tak pernah bisa. Selalu saja ada hal yg membuatku ingat akan hari ulang tahunku.

    ReplyDelete
  12. Sama sekarang aku lagi ulang tahun tapi tidak ada yang ingat. Aku juga ga berharap kejutan atau apa setidaknya ad a yang mengucapkan terutama dari orang2 yang spesial

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Sm banget kyk ak bahkan tiada satu orang yg mengigatnya

    ReplyDelete
  15. Ya sama benget dah ama aku dihari ini aku ulang tahun baik saudara maupun temen gk ada yg ngigetnya gitu sedih rasanya yg ucapin cuma google doang

    ReplyDelete
  16. Daaan hari ini aku merasakan nya , di ultah ku yg ke 21 skrg ,tdk ada yg spesial ,pacar pun hanya ngucapin lewat wa dan bukan nelfon tapi diketik, sedih , terakhir niup lilin di kue pas ultah ke 8, kalo kejutan sama kado mah sih gw ga kepikiran karna memang ga mungkin

    ReplyDelete
  17. Malam ini ulang tahunku, udah jam 00:29 bahkan gaada satupun notif yg masuk. Rasanya sedih bgt. Seketika aku merasa tidak penting di mata orang lain :( tapi aku sedikit lega setidaknya aku tidak mengalami ini sendirian.

    ReplyDelete
  18. Sama banget guys, dari situ gw sadar begitu ga berartinya gw bagi temen gw. Gw ngerasa dket ternyata apa yg gw rasain ga sama dgn yg dia rasain, karna udh 2 thn berturut-turut dia ga inget padahal gw slalu inget. Tahun pertama dia ga inget ok gpp lah tapi kedua kalinya dia ga inget bikin gw sadar segitu ga berartinya gw :(
    Tapi mungkin lebih baik disembunyikan aja tgl lahir kita dari medsos supaya kalo gada yg inget kagak nyesek wkwk

    ReplyDelete
  19. Sama banget kayak aku yg sekrang lagi ulang tahun, gak ada yg ngucapin sama sekali, kaya bodo amat gtu, percuma juga buat story cuma di liat aja, apalagi diliat sama temen sendiri yang dulu selalu aku surprise.in bangun tidur aku bawain kue, pas ultahku sama sekali gak di ucapin sedikit pun:'( sebenernya gak juga pengen di bales gtu, tapi setidaknya menghargai dengan ngucapin aja udah seneng:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku ngucapin sekarang masih berlaku gak ya ? 😁
      Siapa pun kamu disana, selamat ulang tahun ya, semoga kamu selalu di naungi dengan kebahagiaan dan di dekatkan dengan orang2 yang menyayangi kamu, care sama kamu, kamu jangan sedih ya, kamu gak sendiri. Kita senasib :)

      Delete
  20. Sedih gua,,sekarang aku ultah tapi GK ada yg ngucapin, hanya Facebook saja yg ngucapin,,makasih Facebook 😊

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Selamat ulang tahun buat aku ! :)

    ReplyDelete
  23. selamat ulang tahun untuk diriku:(

    ReplyDelete
  24. selamat ulang tahun buat diriku ya :')

    ReplyDelete
  25. Iya itulah yang hari ini aku rasa , keluarga , pacar melupakan begitu saja, sedih rasanya seperti gak pernah penting adanya kita:(

    ReplyDelete
  26. Hari ini tgl 07 Januari 2020 :(
    Ini juga yang gua rasain, gada satupun orang yang inget gitu kalo hari ini hari ulangtahun gua, yaallah ko gini banget ya? seketika mikir kayak gapenting banget hidup gua dimata org-org sekitar :(

    ReplyDelete
  27. Sama kaya kemarin ultah ku, cuma ortu saja yg mengucapkan ultah buat ku. Teman, sahabat dan kluarga yg lain sdh 3 hri ini mreka tdk ada ucapin. Akhir nya aku beli kue ultah ku sendiri dan tiup sendiri di kmar

    ReplyDelete
  28. Hari ini aku berulang tahun :) . Dan hal itu terjadi padaku:(

    ReplyDelete
  29. Hari ini aku juga mengalami sama seperti kalian alami karena hari ini adalah hari ulang tahunku tapi tidak ada yang mengingat sama sekali baik keluarga maupun teman sendiri terasa menyakitkan bagi saya karena selama 20 tahun tidak ada kesan apa apa setiap tahun nya. Saya hanya berharap suatu hari nanti saya bisa mendapatkan kesan yang indah di hari ulang tahun saya.
    Padahal saya selalu memberikan yang terbaik untuk teman saya tapi balasan mereka seperti ini tidak menganggap saya ada . Ibarat kata saya hanyalah barang yg jika tidak dibutuhkan maka akan segera di buang .
    Tapi itu sudah biasa bagi saya sejak kecil pun udah sama smpe 20 tahun ini
    . Tapi saya masih mempunyai tekad untuk mewujudkan impian saya kelak nanti amiin

    ReplyDelete
  30. Akupun sedang merasakan nya pada hari iniπŸ˜’πŸ˜”

    ReplyDelete
  31. Sama 😭
    Aku tau kekanak-kanakan sekali sedih karena beginian, tapi apa mau dikata aku kecewa, mau marah tapi sama siapa πŸ˜₯
    Kadang aku bingung dgn budaya, untuk org yg meninggal dirayain (acara haulan), tapi untuk yg masih hidup dilupakan.. Apa harus meninggal dulu supaya diingat & menyesal?!

    ReplyDelete
  32. Hari ini aku ulang tahun dan itu terjadi:)

    ReplyDelete
  33. Guys gw tadi ngeliat di atas ada yg ulang tahun 3 desember dia komen tahun lalu nah gw juga sama 3 desember 2020 tepat nya kemarin gw komen skrng karna gw baru search sekarang tgl 4des gw bacain komen nya nangis sumpah, jujur gw bersyukur bgt punya temen yg inget sama ulang tahun gw yg ngucapin gw pokonya makasih bgt tapi gw sedih ketika orang tua gw kaya bener bener gk peduli sama sekali kaya gw ini gk ada artinya, walaupun orang tua gw sibuk tapi setidak nya masa ia dia bener bener lupa sama ulang tahun anak nya sendiri dimana tanggal bulan kelahiran anak nya sendiri jujur gw nangis ngetik nya juga,and buat kalian yang ngalamin hal ini gw tau ko rasanya pokonya stay strong dan gw berharap kedepan nya untuk gw dan kalian yang lagi ngalamin semoga hidup kalian baik baik saja sukses dunia akhirat semoga cita cita kalian tercapai amiin

    ReplyDelete
  34. Aku juga blum pernah dapat kjutan ulangtahun dari keluarga dan teman di hari ulang taun ku di tgl 12-12 semalam aku merasa sedih tdk ada yg mengucapkan ku selamat ultah teutama keluarga mereka tidak mungkin lupa atau tidk tau tgl kelahiran ku sakit rasanya dulu sih aku gk mikri hal seperti ini mau ada yg ngucapi atau nggk aku gpp tpi sketika beda di umurku yg ke19 cuma temn ku 1 org yg mengucapkan selamat kpda ku walaupun sangat telat..
    Sebenarnya aku gk minta kadi kejutan atau apalah aku cuma mau diberi kata slamat ucapan lung tahun rasanya ity sakit apalagi ditambah baca komen di sini itu bikun sedih dn mengeluarkan air mata karena ceritanya sama seperti cerita ulang tahunju:(

    ReplyDelete
  35. Gw seumur hidup belum pernah tuh denger gw di beliin kue:' apalagi di ucap in happy birthday padahal gw udah kode kode in segala macem tetep aja gak ngerti bingung gw:" tapi giliran pas mereka ultah gw ucapin gw kasih hadiah gw bikin kue buat dia yah gitu deh;^ gw sengaja begadang biar gw liat ada yang inget gak? Eh semua temen gw online tapi gw chat cuma di read:' kek gak inget yah:"

    ReplyDelete
  36. kemaren gw ultah, cuma pengen dinyanyiin doang dan dibilang kekananak-kanakan. dan akhirnya tadi pagi gw nyanyi buat diri gw sendiri

    ReplyDelete
  37. Hbd to me hr in ulang thn gk ad yg ingt,giliran tmn yg ulang thn aq sbk cr kado kue,giliran aq bodo,, smua gk ingt

    ReplyDelete