Pengalaman Buruk dengan Tukang Hutang Tidak Tahu Diri

Gue punya temen namanya Mus, dia udah temenan dari kecil sama gue, bahkan sebelum masuk sekolah dia juga sering banget main ke rumah gue, minjem mainan dan kadang gak dibalikin. Ok, lupain aja masalah masa kecil itu, kini gue mau bahas masalah yang lebih gawat lagi ketimbang cuma mainan yang emang udah gak penting lagi buat gue.

Umur kita sekarang udah 20 tahun, dan sejujurnya kita udah jarang banget main bareng, yah gue sibuk dengan urusan kuliah, dan si Mus ini sibuk dengan urusan anak muda jaman sekarang. Doi pengangguran, ceweknya banyak dan gaul banget lah, gue mah apaan!

Gak ada angin gak ada hujan, eh tiba-tiba di Mus ini main ke rumah, wah gue yang anak baik ya tentu aja menyambut dengan tangan terbuka dong, namanya ada tamu. Basa-basi deh itu dia nanya-nanya kabar gue, katanya gue sombong gak pernah main sama dia lagi, ya jelas lah gue sibuk sama kuliah dan dia sibuk sama temen-temen gaulnya.

Nah pas lagi asik ngobrol itu, tiba-tiba aja si Mus ngutarain maksudnya main ke rumah gue, katanya dia lagi ada masalah, mau pinjem uang. Pas gue tanya buat apa, eh dia bilang rahasia, katanya kalau dibilangin malu-maluin, masalah keluarga katanya sih. Ya, gue iyain aja percaya sama dia, lagian pas gue ada duit juga akhirnya gue pinjemin tuh si Mus Rp 300.000, 00. Dia juga janji, 1 minggu lagi bakalan datang ke rumah gue lagi dan mau balikin itu uang, yah gue percaya aja sama janjinya itu.

Singkat cerita 1 minggu kemudian si Mus ini bener-bener datang ke rumah, tapi bukannya bayar utang, eh dia malah mau minjem lagi. Katanya lagi urgent banget, buat biaya emaknya mau berobat, dia udah gak punya uang buat bawa emaknya ke dokter. Gue inget banget dia masang muka memelasnya, ugh kalau elu pada liat juga gak tega kali, cowok yang dari kecil temenan sama kita udah kayak mau nangis gitu.

Terpaksa deh uang 500 ribu kembali gue pinjemin, dia berterimakasih banget dan janji kalau 2 minggu lagi bakalan dia lunasi sekalian hutang yang kemarin, oke deh, apa si yang gak buat temen! Si Mus pergi dari rumah dengan bahagia, dan gue musti mikir keras nih, itu uang mau buat bayar kuliah 1 bulan lagi, ntar kalau emak tau bisa gawat dikira uang kuliah dimakan sendiri.

2 minggu kemudian, si Mus gak ada kabar sama sekali, wah gue udah mulai panik aja nih, mana uang mau buat bayar kuliah dan waktunya udah mepet. Akhirnya gue hubungi via sms, eh gak dibales sama doi, ya udah gua telpon aja langsung dan diriject, apa-apaan ini si Mus?! Gue gak menyerah, terus aja malam itu gue telpon dia, sampai akhirnya dia angkat tuh telpon, baru aja gue bilang "Halo" eh dia marah-marah, dia bilang "apaan si lu ganggu aja, masalah utang kan? Sante aja napa, duit segitu aja pake ditagih-tagih segala, gue juga inget kali". Yaelah, muke gile nih anak, udah gak inget janji malah nyolot, gue jawab dengan sabar kalau lagi butuh tuh uang, jadi gue tagih. Dia jawabnya enak bener, katanya gue disuruh ke rumahnya ambil tuh duit, tepuk jidat deh sama ini bocah.

Malam itu langsung aja gue meluncur ke rumahnya si Mus, hujan gede dan dingin banget, tapi gpp lah demi bayar kuliah. Sampai di rumahnya, gue gak disuruh masuk sama sekali, boro-boro dikasih teh anget kek, malah nunggu di depan rumah. Si Mus keluar dengan muka kusut, kayak nemuin orang minta sumbangan gitu, dia ngasih duit cuma 100 ribu aja, dan dengan enaknya dia bilang "gue baru ada cepe, sisanya minggu depan ye". Eh biji korma tuh bocah beneran bikin naik pitam banget!

Pusing deh gue, terpaksa gue pinjem duit sama temen buat bayar kuliah, daripada jujur sama emak ntar malah kena semprot. Setelah satu minggu ternyata tidak ada kabar dari si Mus, dia kayaknya mulai ngehindari dari gue, dihubungi aja susah banget tuh anak. Gue datang ke rumahnya, dia nemuin gue sebentar dan alasannya klasik banget, belum ada duit.

Sebulan lebih 3 hari si Mus masih aja nunggak tuh hutangnya, ditagih malah sewot gak ditagih gue yang butuh duit. Sampai akhirnya pada suatu pagi gue iseng aja datang ke rumahnya, gue bilang aja lagi ada masalah gawat dan butuh uang cepet (yah gue gak boong juga, orang gue beneran lagi ditagih sama temen yang sebelumnya gue pinjem duit buat bayar kuliah). Gue sengaja tuh waktu itu ngomongnya rada keras, kali aja emak sama babehnya denger, eh iya beneran denger, tapi cuek banget tuh orang tua.

Si Mus tetep aja bilangnya belum ada duit buat bayar utang, hmm pusing 7 keliling nih. Malah dia bilang lagi bokek banget, mau nganter emaknya ke dokter lagi tapi gak ada uang buat beli bensin sama biaya ke dokter, dengan polosnya dia malah mau pinjem lagi, buset dah orang gila! Bodo amat, mau ke dokter kek mau ke dukun kek, gue liat emaknya aja sehat wal afiat kok.

Gue pulang dengan tangan hampa, uang yang gue harepin kayaknya mau sirna dan gue musti belajar ikhlas sama tuh duit. Lagian gue mikir si Mus aja gak punya duit buat nganter emaknya ke dokter, apalagi buat bayar utang gue, yah mau gimana lagi.

Sorenya temen gue ulang tahun dan dia ngajakin makan-makan di salah satu caffe di kota gue, yuhuuu ada makanan gratis, gue langsung aja meluncur dengan bahagianya. Pesta yang diadain sederhana aja sih, yang datang juga cuma 10 anak aja, namun kami cukup ramai karena bisa becanda bareng. Nah, pas gue lagi asik sama temen-temen, gue gak sengaja nengok kanan dan gue liat si Mus lagi sama cewek di caffe, lagi kencan tuh anak.

Gue penasaran aja tuh sama si Mus, pas pesta sama temen bubar, gue ikutin si Mus sama ceweknya pas keluar dari caffe. Buset dah, abis dari caffe terus ke mall, si cewek belanja banyak banget, gue deketin aja sambil nguping, eh si Mus dengan bangganya bilang gini sama tuh cewek "yank kamu mau beli apa lagi, pilih aja yank", busyet muke gile!

Sejak saat itu gue sadar kalau si Mus bukan temen yang baik, dan sejak saat itu gue lebih ati-ati lagi sama yang namanya hutang, gue berniat buat tidak menjadi seorang tukang hutang dan gue lebih protectif lagi sama tukang hutang.

Updated at: 11:17 PM

0 comments:

Post a Comment