Kisah Keteladanan Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam

Kali ini saya akan menceritakan kisah nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam, nabi junjungan kita semua, rahmat bagi seluruh alam semesta, dan beliau adalah penolong kita kelak di akhirat. Mempelajari kisah tentang nabi Muhammad SAW adalah sebuah ibadah, bahkan untuk bersholawat kepada beliau SAW adalah sebuah ibadah, beliau adalah sosok yang penuh dengan keberkahan, idola kita semua! Kisah nabi Muhammad SAW adalah sebuah kisah yang sangat panjang, namun saya akan mencoba meringkasnya menjadi sebuah kisah yang pendek namun mudah dipahami.

Kisah kelahiran nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam
Silsilah nabi Muhammad SAW sangat panjang, beliau adalah seorang anak tunggal dari Abdullah (anak dari Abdul Muthalib) yang menikah dengan Aminah (anak dari Wahab). Silsilah nabi Muhammad SAW menyambung dari ayah dan kakeknya hingga nabi Ismail AS, Ibrahim AS, dan Adam AS.

Nabi Muhammad SAW ditinggal ayahnya kala masih dalam kandungan ibunya, pada saat ibunya mengandung, Mekkah hendak diserang oleh raja Abrahah yang ingin menghancurkan Ka'bah, namun Allah melindunginya dengan menurunkan burung ababil yang membawa batu sijil dan melemparkannya kepada tentara gajah raja Abrahah sehingga mereka hancur dan tewas dalam serangan itu.

Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam lahir pada malam Senin tanggal 12 rabiul awwal di sebuah tenda perkemahan di Makkah. Pada saat kelahiran nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam, api yang disembah kaum kafir padam, danau yang disembah kaum kafir mengering, dan berhala-berhala berjatuhan hancur, membuktikan bahwa pada saat itu datang cahaya yang akan menerangi alam semesta.

Kisah masa kecil nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam
Pada masa kecil nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam, beliau diasuh oleh Halimah binti Dzuaib as-sa dari bani sa'ad yang berada di desa. Hingga umur nabi SAW mencapai 5 tahun kemudian dikembalikan kepada ibunya, namun di tahun ke 6 ibunya, Aminah, meninggal dunia. Setelah Aminah meninggal dunia, Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam yang berumur 6 tahun diasuh oleh Ummu Aiman, namun pada saat usia beliau SAW 8 tahun, kakeknya Abdul Muthalib meninggal dunia, dan akhirnya nabi SAW diasuh oleh pamannya Abu Thalib.

Pada saat nabi SAW masih diasuh oleh Halimah, terjadi sebuah peristiwa dimana beliau SAW didatangi malaikat Jibril yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk membelah dada beliau SAW dan membuang sesuatu di dalamnya (menurut para ulama, malaikat menyucikan hati beliau SAW). Peristiwa ini tentu tidak akan masuk akal kecuali untuk orang-orang yang beriman kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Kisah masa remaja nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam
Pada saat nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam diasuh Abu Thalib, mereka hidup dalam keadaan yang sulit, maka nabi SAW harus membantu perekonomian pamannya dengan bekerja semampunya mulai dari menggembala kambing, kemudian di usia 13 tahun beliau SAW mengikuti pamannya berdagang ke Syam untuk pertama kalinya.

Ada sebuah peristiwa yang terjadi di Syam ketika seorang pendeta mengetahui tentang rahasia yang ada pada Muhammad SAW muda kala itu, pendeta itu mengetahui bahwa anak muda itu adalah nabi yang datang sesuai dengan apa yang ada pada kitab dan buku yang dia baca, namun pendeta itu merahasiakannya agar beliau SAW tetap aman.

Pada masa nabi SAW berumur 25 tahun, nabi Muhammad SAW mengenal Khadijah binti Khuwailid yang merupakan salah satu janda yang punya harta. Khadijah kemudian mempekerjakan Muhammad SAW untuk membawa dagangannya ke Syam, dan sekembalinya ternyata mereka untung besar. Khadijadah yang saat itu berumur 40 tahun jatuh cinta kepada Muhammad SAW dan kemudian mereka menikah.

Masa Kenabian Muhammad SAW
Masa kenabian Muhammad SAW dimulai ketika beliau SAW merasakan kegelisahan yang menuntunnya menuju ke gua Hira, di sana malaikat Jibril datang memeluknya dan memberikan wahyu yang pertama yaitu ketika menyuruh beliau SAW "bacalah!" namun nabi Muhammad SAW menjawab "aku tidak mampu membaca", dan kejadian itu berulang 3 kali smapai akhirnya Jibril meninggalkan beliau SAW dengan tiba-tiba menghilang.

Nabi Muhammad SAW merasakan ketakutan saat itu sehingga beliau SAW pulang ke rumahnya dan menceritakan kejadian itu pada istrinya, Khadijah. Kemudian mereka mendatangi saudaranya yang seorang nasrani tua bernama Waraqah dan menceritakan kejadian yang dialaminya, dan kemudian Waraqah menjelaskan bahwa yang datang adalah Jibril dan Muhammad SAW adalah seorang nabi yang seperti dijelaskan pada Injil.

Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam diangkat menjadi nabi dan Rasul pada usia 40 tahun, kemudian yang pertama-tama beriman kepadanya adalah istrinya Khadijah, sahabatnya Abu bakar, dan keponakannya Ali bin Abi Thalib. Awalnya dakwah beliau dilakukan secara sembunyi-sembunyi, hingga akhirnya Allah SWT memerintahkan untuk berdakwah secara terang-terangan, sehingga beliau SAW mendapat pertentangan dari kaum Quraisy.

Pada tahun ke 11 kenabian beliau SAW, terjadilah peristiwa Isra' Mi'raj yang jika dipahami oleh orang yang tidak beriman maka akan sulit menerimanya, dimana pada malam itu beliau SAW melakukan perjalanan bersama malaikat Jibril menaiki buraq dari Majidil Haram ke Masjidil Aqsa, dan dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha dimana beliau SAW mendapatkan perintah untuk sholat 5 waktu secara langsung dari Allah SWT.

Perjalanan dakwah nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam sangatlah berat, di dalamnya ada penentangan yang memaksa untuk berhijrah beberapa kali. Peperangan juga tak terelakan karena banyak musuh yang dengan terang-terangan ingin menghancurkan beliau dan pengikutnya. Namun Allah SWT selalu membantu beliau dalam menghadapi segala tantangan dalam dakwah tersebut hingga Islam tersebar luas dan banyak diterima oleh mereka yang mendengarnya.

Kisah wafatnya nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam
Pada usia 63 tahun, nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam mulai sakit-sakitan dan beliau meminta agar dirawat di rumah Aisyah. Dan pada tanggal 12 Rabiul Awwal, nabi Muhammad SAW akhirnya wafat dan kembali kepada Allah SWT. Peristiwa ini adalah salah satu peristiwa yang sangat menyedihkan bagi semua kaumnya, dan Abu Bakar RA kemudian diangkat menjadi pengganti beliau sebagai khalifah pertama.

Kisah nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam adalah sebuah rentetan peristiwa yang sangat mengagumkan dan penuh dengan keteladanan, InshaAllah saya akan menceritakan beberapa bagian demi bagian dari kisah-kisah tentang beliau SAW. Mari kita mengenal idola dan panutan kita semua, rasulullah Muhammad SAW!

Updated at: 9:07 PM

1 comments:

  1. Sangat bagus saya sangat menyukai ceritanya mks sdh membagikan nya

    ReplyDelete