Kisah Zainuddin Nafarin, Sang Penemu Antivirus Smadav

Smadav merupakan salah satu nama antivirus yang sangat terkenal, hampir semua komputer di Indonesia pasti memakai antivirus yang satu ini. Antivirus ini ada yang gratis dan berbayar, melindungi komputer dari serangan virus, dan tentu saja ringan saat diinstal di komputer.

Ternyata penemu antivirus smadav adalah Zainuddin Nafarin, seorang pria yang berasal dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Lulusan UGM ini adalah salah satu orang hebat yang berhasil menciptakan perangkat lunak yang sangat bermanfaat hingga saat ini. Namanya tercatat di Wikipedia sebagai seorang penemu, tentu hal ini adalah suatu kebanggaan bagi Indonesia.

Smadav berasal dari nama sekolah Zainuddin dan singkatan anti virus, SMADA (SMA DuA) dan AV (anti virus). Anti virus ini dibuat mulai tahun 2006 dan selesai sekitaran 2008, dengan menggunakan bahasa Visual Basic untuk membuatnya. Dengan adanya penemu anti virus ini, maka paling tidak ada salah satu orang Indonesia yang sukses dalam dunia teknologi, seorang programmer yang berhasil menciptakan sesuatu yang berharga.

Menurut pengakuannya, dalam satu bulan paling tidak dia bisa meraup penghasilan hingga Rp 30.000.000, 00 dari anti virus ciptaannya ini. Sumber pendapatan smadav (mungkin) dari aplikasi berbayar, pihak sponsor, dan pemasukan lainnya.

Boleh dibilang kalau Zainuddin merupakan salah satu orang besar dalam dunia teknologi yang berasal dari Indonesia, dan semoga kesuksesannya akan memacu banyak anak bangsa untuk bisa berkarya dan menciptakan berbagai hal yang bermanfaat dari dunia teknologi.

Sebenarnya kalau boleh jujur, banyak sekali orang Indonesia yang memiliki otak encer dan mampu jika harus bersaing dalam dunia teknologi dengan orang-orang dari luar negeri, namun sayangnya kebanyakan terbentur dana dan koneksi yang akhirnya harus membuat mereka berhenti di tengah jalan atau harus bekerja sama dengan pihak lain yang akhirnya membuat mereka hanya menjadi karyawan di perusahaan besar tersebut. Padahal kalau dilihat, para penemu kenamaan di dunia ini banyak yang berasal dari negara maju, mereka menghabiskan waktunya bertahun-tahun demi penelitian mereka, dan mereka tak kekurangan dana karena biasanya pemerintah mau menyokong penelitian mereka. Andai saja...

Salah satu kisah penemu yang berasal dari Indonesia, suatu kebanggaan andaikan komputer anda terpasang anti virus yang satu ini, sebuah anti virus canggih buatan anak bangsa yang sangat membantu kita dalam melindungi PC.

Updated at: 7:34 AM

0 comments:

Post a Comment